Blog

Cara Daftar Google Adsense Agar Blog Langsung Diterima

cara daftar google adsense

Bagaimana sih cara daftar Google Adsense agar blog langsung diterima? Pertanyaan seperti ini pasti akan selalu muncul bagi kalian yang sudah punya blog dan sudah mendaftarkan blognya ke google adsense tapi selalu gagal alias ditolak alias tidak diterima alias tidak di approved!

Saat ini memiliki blog bukan berprioritas pada tujuan utamanya lagi. Banyak blogger-blogger pendatang baru yang hanya berorientasi pada uang tanpa memperdulikan kualitas konten dab blognya.

Hal ini saya alami sendiri, ada seseorang yang menghubungi saya melalui pesan Whatsapp dan menyampaikan maksud dan tujuannya. Tujuan utamanya menghubungi saya yaitu ingin memiliki blog dan ingin menghasilkan uang dari blog tersebut.

Setelah saya tanyakan, Apakah sebelumnya sudah punya blog atau tidak? Jawabnya sudah. Dia langsung menunjukkan alamat blognya yang masih menggunakan subdomain dari Blogspot dengan jumlah artikel masih 5 artikel.

Dan tanpa saya tanyakan juga, dia memberitahukan kalau dia ingin belajar ngeblog dan ingin menghasilkan uang dari blog dengan menjadi sebagai publisher google adsense.

Membaca semua pesannya di chat WA, saya langsung memberikan masukan mengenai cara membuat blog di blogspot dan bagaimana cara daftar Google Adsense agar blog langsung diterima.

Bagaimana Cara Daftar Google Adsense?

Sebenarnya untuk membuat blog dan mendaftarkan blog tersebut sebagai penayang iklan dari Google Adsense, ada beberapa tahapan yang perlu dilakukan. Tahapan-tahapan dilakukan sebagai persiapan awal dalam membuat dan menjadikan blog sebagai mesin uang.

Membuat blog yang benar-benar bisa dijadikan penghasil uang, khususnya sebagai penayang iklan Google Adsense tidak serta merta langsung buat tanpa memperhatikan kerangka dasarnya.

Beberapa hal penting yang harus disiapkan terlebih dulu adalam membuat blog khususnya digunakan untuk mendaftar sebaga publisher Google Adsense yaitu:

  1. Topik Blog
  2. Halaman Blog
  3. SEO On Page
  4. Daftar Google Search Console
  5. Jumlah Awal Artikel

5 poin penting ini jika benar-benar dilakukan dari awal saat membuat blog sampai siap untuk dimonetize, maka blog Anda akan dengan mudah diterima menjadi publisher adsense.

1. Topik Blog
Jika ingin menghasilkan uang dari blog dengan ikut sebagai penayang iklan adsense, tentukan dulu topik yang akan dibahas dalam blog Anda. Blog Anda itu tentang apa? Mau bahas topik apa? Kira-kira topik apa yang cocok untuk Anda?

Memilih topik yang cocok akan menentukan banyaknya penghasilan yang akan didapatkan dari program adsense ini. Semakin baik topik yang dibahas, maka semakin banyak jumlah penghasilan yang bakalan didapatkan. Apa saja topik yang bisa memberikan penghasilan yang banyak untuk blog adsense?

Topik yang baik bukan lah topik blog yang memiliki artikel banyak ditulis didalam blog. Tapik topik yang dicari atau dibutuhkan oleh orang atau pembaca blog yang datang ke blog Anda.

Jika dari setiap artikel blog yang Anda buat sangat berguna dan dibutuhkan banyak orang, maka semakin banyak peluang penghasilan adsense yang akan Anda dapatkan.

Kira-kira topik blog apa yang banyak dibutuhkan orang?

Di artikel ini saya tidak akan menjerlaskan secara rinci mengenai topik ini, tapi ada 3 topik bahasan yang sangat potensial memberikan pengasilan dari adsense jika topik ini digunakan untuk blog Anda dan membahasanya dalam bentuk artikel.

  1. Kesehatan
  2. Kecantikan
  3. Teknologi

Dengan membahas salah satu topik diatas dan menjadikan artikel yang menarik dengan menerapkan SEO On Page dalam artikel tersebut, maka dengan mudah blog Anda akan banyak dikunjungi oleh orang.

Semakin banyak yang berkunjung, semakin banyak peluang penghasilan yang didapatkan.

Dari 3 topik diatas, yang perlu diperhatikan juga adalah meskipun Anda menemukan topik lain yang lebih berpeluang memberikan hasil, tetaplah untuk memilih dan menggunakan 1 topik yang dibahas didalam blog Anda.

Jangan menggunakan topik blog lebih dari 1 untuk daftar Google Adsense. Kenapa? Jika menggunakan memilih 2 topik maka Anda tidak akan fokus mengembangkan blog Anda dan bisa-bisa blog yang tujuan awalnya untuk didaftarkan ke adsense bakalan tidak akan diterima.

Oleh karena itu, saran saya jika masih tahap awal daftar adsense gunakan 1 topik dulu agar benar-benar fokus dan mudah dalam membuat artikel blog.

Baca Juga: Cara Membuat Artikel Blog

2. Halaman Blog
Setelah menentukan topik blognya, langkah berikutnya adalah mengisi blog dengan halaman-halaman yang dibutuhkan. Beberapa halaman yang digunakan untuk mendaftarkan blog ke adsense yaitu:

  1. Tentang (About)
  2. Contact
  3. Privacy Policy
  4. Disclaimer
  5. Sitemap

Dari kelima halaman tersebut sudah cukup sebagai salah satu syarat untuk mendaftarkan blog ke adsense. Dan yang perlu diperhatikan adalah Letak Pemasangan Halaman blog tersebut.

Pasang Halaman blog tersebut berada dibagian Header Blog atau menu bagian atas blog. Jangan meletakkan menu Halaman blog berada dibagian footer atau bawah blog.

Selain itu, untuk awal-awal jangan menambahkan blog dengan halaman-halaman kategori, hal ini akan membuat blog tidak akan diterima oleh Google Adsense. Kecuali blog sudah diterima, barulah bisa dipasang halaman yang lainnya.

Baca Juga: Cara Membuat Halaman About Blog Di Halaman Statis

3. SEO On Page
Untuk mengaktifkan pengaturan SEO On Page pada blog Anda, cukup dengan mengaturnya di halaman dashboard blog Anda yaitu dengan menggunakan menu Setting atau Pengaturan.

Atur bagian-bagian dibawah ini yang ada di menu Setting:

  1. Deskripsi meta tag
  2. Tag header robot kustom
  3. Tag halaman Beranda
  4. Tag arsip dan halaman penelusuran
  5. Tag postingan dan halaman

4. Daftar Google Search Console
Maksudnya adalah setelah membuat blog dan halaman blog, segera daftarkan blog ke Google Search Console. Untuk panduannya silahkan lanjutkan membaca artikelnya di Cara Mendaftarkan Blog Baru Ke Google Search Console

5. Jumlah Awal Artikel
Sebelum blog didaftarkan ke Google Adsense, pastikan blog tersebut sudah memiliki konten yang memadai. Bukan hanya sekedar bikin blog dan mengisinya dengan 1 – 2 artikel lalu didaftarkan ke adsense. Bukan, bukn seperti itu.

Salah satu syarat yang perlu dipenuhi sebelum blog didaftarkan ke adsense adalah Jumlah artikel. Berapa jumlah artikel yang harus dibuat untuk pertama kali? Sesuai pengalaman saya, jumlah artikel yang harus dibuat adalah 30 artikel.

30 artikel ini dibuat dalam 1 hari 1 – 2 artikel. Jadi kurang lebih, blog sudah siap didaftarkan ke adsenses sudah berusia 15 hari – 1 bulan. Dengan catatan, semua komponen yang saya jelaskan diatas sudah dipenuhi dengan baik.

Silahkan dicoba, jika beluma jelas hubungi emlalui halaman kontak karena kolom komentar blog ini dinonaktifkan untuk selamanya.

Back to top button